Tuesday, July 26, 2016

Automatic Voltage Regulator / Kiprok Pada Sepeda Motor.

Automatic Voltage Regulator / Kiprok Pada Sepeda Motor.

Definisi

Alat yang digunakan untuk membatasi Arus pengisian Accu pada motor agar arus pengisian tetap stabil meski RPM mesin naik atau turun.
Biasanya untuk sepeda motor menggunakan accu dengan ukuran 12v, sehingga AVR akan mengalirkan arus standar 14 - 15 volt 10 Amps maksimal, jika lebih dari itu maka accu akan mendapatkan arus berlebih sehingga over charger dan menyebabkan accu rusak, dan jika kurang maka akan menjadi under charger menyebabkan accu tidak terisi.

Untuk tahun 2016 ini AVR dibagi menjadi 2, yaitu Fullwave dan Halfwave.
Fullwave, ini digunakan untuk sepeda motor yang menggunakan kelistrikan full DC, jadi untuk CDI, panel dan Headlamp menggunakan accu sebagai sumber power.
agil23@blogspot.co.idagil23@blogspot.co.id


Halfwave, ini digunakan untuk sepeda motor yang menggunakan listrik separuh AC dan DC, accu digunakan untuk start mesin, lampu seint, dan kadang untuk CDI. Sementara listrik dari Spull / generator motor digunakan untuk pengisian, Head lamp dan kadang untuk power CDI.
agil23@blogspot.co.idagil23@blogspot.co.id
Kerusakan yang mungkin terjadi di AVR adalah :
>Konektor rusak karena benturan.
>Kabel putus.
>Terpengaruh kelembaban yang terlalu tinggi atau temperatur kerjanya terlalu tinggi, menyebabkan seal rusak sehingga perlindungan terhadap peralatan elektronik seperti Capasitor, Resistor, dll didalam AVR tidak terjaga.


     

Tips :
>Pemilihan AVR yang baik akan mempengaruhi keawetan accu.
>Kalau Voltage accu kurang baik bisa dicek dulu koneksinya, koneksi yang longgar atau kurang bersih juga bisa menyebabkan AVR tidak bekerja dengan sempurna. :)

0 comments:

Post a Comment