Tuesday, July 26, 2011

PISTON PUMP / MOTOR HYDRAULIC PADA MOBILE CRANE

Piston Pump ( Pompa Piston ) bisa juga disebut Hydraulic Motor ( Motor Hidrolik ), merupakan jenis motor yang digerakkan oleh tenaga aliran dari fluida ( dalam hal ini oli ). Tenaga aliran oli didapat dari Hydraulic Pump ( Pompa Oli ).
 Hydraulic Pump ( Pompa Hidrolik )Merupakan suatu pompa yang bergerak secara sentrifugal ( berputar ) sehingga menambah kecepatan aliran pada fluida, menyebabkan tekanan dan tenaga alirannya bertambah besar. Piston Pump / Motor HydraulicMerupakan suatu alat yang prinsip kerjanya merubah energi kecepatan aliran fluida ( oli ) menjadi energi putar. Berikut ini akan dibahas tentang Piston Pump / Hydraulic Motor, yang digunakan untuk menggerakan winch pada Mobile Crane piston pumppiston pump


piston pump


Bagian – Bagian Piston Pump / Motor Hydraulic:
1.     Casing, Merupakan bagian yang berfungsi sebagai pelindung piston, roda gigi dan bagian-bagian lain yang berputar yang ada didalamnya.
2.      Fitting internal & external, Dua buah lubang yang diamaternya sama, yang berfungsi sebagai masukan atau keluaran dari fluida secara bergantian.
3.     Shaft drive, Merupakan poros yang meneruskan tenaga putar dari Swash plate ke benda yang digerakkan ( bisa untuk menggerakkan winch ).
4.     Cover casing, Merupakan bagian yang berfungsi untuk menutup bagian casing yang terbuka.
5.     Cylinder barrel, Merupakan rumah dari piston.
6.     Piston, Merupakan bagian yang bergerak maju mundur, kecepatan gerakan piston ditentukan oleh besarnya tekanan aliran dari oli yang dipompakan oleh oil pump. Pada diameter luar piston terdapat cekungan melingkar, hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan pelumasan pada piston.
7.     Shoe retainer hole, Dudukan dari piston rod ( pangkal dari batang piston ).
8.     Swash plate, Bagian dari piston pump yang berputar, disebabkan oleh dorongan dari batang piston. 


 piston pumppiston pumppiston pump

Untuk melihat proses kerja dari Piston Pump, silahkan klik Proses Kerja Piston Pump 

0 comments:

Post a Comment