Wednesday, December 16, 2015

Menggunakan Gluco DR AGM - 2100 ( Alat Pengecek Gula Darah )

Salam Sejahtera Blogger


Kali ini saya ingin berbagi tentang cara menggunakan Gluco DR AGM - 2100, alat untuk mengecek kadar gula dalam darah. Sebelum menggunakan alat ini, yakinlah bahwa kita siap dan yakin menggunakan alat dengan benar, yakinlah bahwa alat yang akan kita gunakan untuk mengambil sample adalah alat yang bersih, dan bukan alat yang digunakan secara bergantian dengan orang lain.

Yakinlah bahwa pengambilan sempel darah ini tidak berbahaya bagi pasien, karena sampel darah yang di ambil hanya di ujung jari, bukan di pembuluh darah.

Pertama siapkan peralatan sebagai berikut :
Alcohol
Jarum untuk mengambil sampel darah ( Pen )
Kapas
Gluco DR AGM - 2100 reader
Strip Gluco DR



Langkah –langkahnya

Pasangkan Strip Gluco DR pada Gluco DR Reader ( otomatis alat akan menyala )

Basahi kapas dengan alcohol

Usapkan kebagian ujung jari ( dimana kita akan mengambil sampel )

Siapkan jarum yang akan disuntikkan ( dalan hal ini Pen Gluco DR ), pastikan jarum terbuat dari stainless steel dan dalam keadaan bersih dan netral, yakinkan dengan mencucinya dengan alcohol. Dan jangan pernah menggunakan peralatan yang tidak terjamin kebersihannya apalagi jarum yang digunakan adalah bekas orang lain, karena dapat menyebabkan infeksi atau penularan penyakit.

Gunakan Pen Gluco DR untuk mengambil sample darah di ujung jari. Setelah tampak bintik darah, tekan sedikit di sekitar area tusukan jarum, agar darah tetap keluar meski lubang tusukan jarum tidak dalam.

Setelah darah dirasa cukup untuk sample ( tidak perlu menunggu darah menetes ), tempelkan darah pada Strip Gluco DR, tunggu beberapa detik saat alat membaca kandungan gula darah.

Gula darah normal untuk orang yang belum makan selama ± 8 jam range nya adalah 90 – 120 mg/dl, untuk yang baru makan antara  120 – 130 mg/dl.


Bersihkan luka bekas pengabilan sample dengan kapas yang dibasahi alcohol.

Jika skala lebih dari atau kurang dari itu segeralah menerapkan menu makan sehat ala penderita diabetes, atau kalau badan sudah menandakan adanya gejala kambuh gula darah, seperti jantung berdebar, keluar keringat dingin dan pusing, karena gejala ini mengindikasikan bahwa kadar gula dara berada jauh diatas atau dibawah range kadar normal. maka segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang semestinya.

0 comments:

Post a Comment