Thursday, December 10, 2015

POMPA CENTRIFUGAL

Pendahuluan
Definisi pompa centrifugal
Pada dasarnya prinsip kerja pompa centrifugal adalah untuk memberikan tekanan kepada fluida agar memiliki kemampuan untuk berpindah. Tekanan tersebut terjadi karena turbulensi yang disebabkan oleh putaran impeller pompa, dan turbulensi tersebut diarahkan menjadi gaya radial oleh bentuk alur dari house pompa.
pompa centrifugal

pompa centrifugal 1

   Gambar Pompa Centerifugal

Bagian – Bagian Pompa Centrifugal
a.       Casing : Berfungsi untuk mengarahkan aliran turbulensi yang dihasilkan impeller agar bisa terarah. Dari suction ke discharge.
b.      Impeller : Berfungsi untuk memberikan tekanan kepada fluida dengan memberikan gaya radial agar terjadi turbulensi didalam pompa.
c.       Mechanical Seal : Berfungsi untuk menjaga bagian housing dan shaft pompa agar tidak ada celah yang mengakibatkan kebocoran fluida maupun lost pressure saat shaft pompa berputar.
d.      Shaft Sleeve : Berfungsi sebagai dudukan mechanical / rotary seal, sekaligus melindungi kebocoran fluida dari celah yang terbentuk antara impeller, shaft dan rumah casing.
e.      Stuffing box : Bagian yang berfungsi untuk menekan mechanical seal agar berada pada posisi yang seharusnya.
f.        Back Plate : Bagian yang berfungsi sebagai pintu untuk rumah casing, untuk memasang atau melepas impeller.
g.       Shaft : Bagian yang berfungsi untuk meneruskan tenaga putar dari menuju pompa sehingga bisa memutar impeller.
h.      Adapter : Bagian yang berfungsi untuk menahan saft pompa agar stabil terhadap rumah casing.


bagian pompa centrifugal
inside centrifugal pump

inside centrifugal pump 1

 Gambar Pompa Centerifugal


Definisi Mechanical seal
                Mechanical adalah bagian dari pompa yang berperan untuk menjaga agar Housing tidak bocor, karena jika terjadi kobocoran maka pressure dalam pompa akan lose dan fluida akan keluar dari rumah pompa.

mechanical seal


centrifugal pump explode view

mechanical seal

shaft sleeve mechanical seal
  

Gambar Mechanical Seal

3 comments:

  1. Artikelnya bermanfaat, terima kasih..

    ReplyDelete
  2. Dalam mengatasi penyebab kavitasi pompa sentrifugal, peran pemeliharaan yang baik, pemantauan yang cermat, dan desain sistem yang tepat sangat penting. Dengan tindakan yang tepat, Anda dapat menjaga kinerja pompa sentrifugal Anda tetap optimal dan mencegah kerusakan akibat kavitasi.

    Umur pompa submersible dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, tetapi dengan pemeliharaan yang tepat, Anda dapat memperpanjang umur pompa Anda dan menjaga pasokan air yang lancar.

    Fungsi bearing pompa sentrifugal mendukung beban berat, mengurangi gesekan, dan memelihara stabilitas rotasi. Memahami peran dan jenis bearing yang digunakan dalam pompa sentrifugal adalah langkah penting dalam menjaga peralatan industri berjalan dengan baik dan menghindari downtime yang tidak diinginkan

    ReplyDelete