Thursday, December 10, 2015

Sempet Bingung Milih antara YZF R15 atau NVL

Sedikit review tentang temen seperjalanan saya kalau lagi OTW. YZF R15, wajahnya cukup manis, dengan performa yang cukup tangguh, kalau saya sebagai Rider awam merasakan bahwa memang ini sepeda motor yang saya inginkan, kecepatan maksimalnya ada yang pernah nyoba bisa sampai 150 Km/Jam, tapi kalau saya sendiri pernah mencoba sampai 133 Km/Jam, pada saat saya mencoba memang throtle belum mentok dan Rpm mesin juga belum maksimal sekitar 12.000 Rpm, rasanya keseimbangan motor juga masih bagus, memang kayaknya si item bisa lebih cepat lagi. Kalau untuk NVL saya belum pernah mencoba. J

yzf r15Banyak yang membandingkan antara Yamaha YZF R15 ini dengan Yamaha NVL, bahkan ada yang bilang kalau R15 ini adalah NVL yang di kasih Fairing.   Kalau menurut M Abidin, GM Technical Department Service Division YIMM, ada beberapa perbedaan, diantaranya:
1. Transmisi. Jika NVL punya lima gigi, R15 bertransmisi 6 percepatan. Otomatis, nafas dibuat lebih pendek untuk mengejar torsi dan tarikan awal. Menariknya, transmisi R15 bisa dipakai untuk NVL, tinggal plug and play.
2. ECU. Otomatis untuk menyesuaikan dengan transmisi baru 6 percepatan, setelan jauh berbeda. ECU R15 ditegaskan Abidin tidak cocok untuk NVL.
3. Karakter. Meski tenaga dan torsinya sama, namun karakternya berbeda. Tenaga yang didistribusikan ke roda belakang memang sama, namun di crank lebih besar R15. Bermanfaat untuk akselerasi dari kondisi diam atau kecepatan tanggung.
4. Bobot. R15 136 kg, sementara NVL 129 kg. Dengan bobot lebih berat, namun Abidin menegaskan tenaga akan sama, terutama karena andil lengan ayun aluminium dan poin no. 3.
5. Jarak sumbu roda. R15 lebih panjang 4,5 cm.
6. Handling. R15 lebih mantap karena punya rasio berat hampir seimbang, 49,3 persen depan dan 50 persen belakang. Bandingkan dengan NVL dengan distribusi berat depan 47,3 persen dan belakang 52,7 persen. Didukung ban tapak lebar, manuver lebih stabil.
7. Sistem kelistrikan R15 full DC. Ciri-cirinya, kunci kontak diputar ke ”on”, lampu utama menyala.
yamaha nvl

Nah itu sih kata orang yang merakit sepeda motornya, makanya dari segi harga juga ada sedikit perbedaan.
            Jadi kalau menurut saya R15 atau NVL apapun sepeda motor yang kita pilih, sebaiknya memang disesuaikan dengan Riding Style kita masing – masing, kalau memang suka yang fairing dengan acc yang lebih namun jadi pegel gara – gara sepeda motor yang nukik, sebaiknya kita memilih Yamaha YZF R15, namun kalau kita lebih suka Naked Bike, dengan riding position yang lebih bersahabat ya sebaiknya kita memilih NVL. Jadi tidak perlu disebutkan mana yang lebih baik atau lebih unggul, karena memang keduanya di produksi untuk Rider dengan tujuang yang berbeda – beda.

Kalau sudah tidak bingung tinggal milih sepeda motornya, pakai touring, tinggal mancing. J
ganteng hot

0 comments:

Post a Comment