Monday, July 25, 2011

PROBLEM PADA STICK PLAYSTATION USB

Ingatkah anda saat sedang asik bermain game di komputer, dengan menggunakan stick USB, tiba - tiba anda tidak bisa menggerakkan karakter di game yang anda mainkan, sehingga anda menjadi kalah...??
Betapa jengkelnya anda,,,
yakk..sebenarnya hal tersebut tidak disebabkan oleh kerusakan fatal di bagian komponen stick USB yang rumit, dan juga tidak disebabkan oleh errornya instalan yang ada di komputer anda, tetapi hal tersebut lebih sering disebabkan oleh putusnya kabel yang menghubungkan antara stick USB dengan komputer.

Berikut Ini Cara Mengececk dan Membuktikan Putusnya Kabel
1.     Hubungkan stick USB dengan komputer.
2.     Buka Control Panel.
3.     Pilih Hardware and Sound.
4.     Pilih Game Controller, kemudian akan muncul jendela Game Controllers.


5.     Dari jendela Game Controller dapat kita lihat Hardware kita ( stick USB ), bila terhubung dengan baik, maka akan muncul nama Hardware kita, dengan status "ok".
6.     Gerakkan stick ke arah kanan, kiri, atas, bawah, lalu balikkan posisinya sehingga tombol dan analog berada dibawah.
7.     Saat menggerakan stick tersebut, perhatikan di jendela Game Controller, apakah nama hardware kita dan statusnya tiba - tiba hilang, dan tiba - tiba muncul kembali.
8.     Apabila hal tersebut terjadi, maka jelas masalahnya terletak pada putusnya kabel USB.

Tips Mengatasinya:
Berdasarkan pengalaman saya, putusnya kabel disebabkan oleh beberapa hal:
1.     Tidak menggulung kabel dengan rapi ( kabel tertekuk ).
2.     Kabel tertarik dengan kuat saat digunakan.
3.     Kulitas kabel yang memang kurang baik.

Untuk masalah yang demikian ada solusi mudahnya, dan anda tidak perlu menghabiskan biaya mahal untuk membeli stick yang baru, atau repot – repot meminta jasa service untuk memperbaikinya, tetapi memang cara ini membutuhkan kejelihan dan kesabaran anda.

Solusinya adalah memodifikasi stick tersebut, dengan cara memotong kabelnya dan menggantinya dengan kabel tambahan yang lebih baik, tanpa harus memakai alat solder.

Seperti pada contoh, saya mengalami masalah dengan stick USB K-ONE, dengan Spesifikasi:
1.     Support PC USB2.0/1.1/1.0
2.     12 fire button 4 axis
3.     Support double shock
4.     Use with PC windows98/ME/2000/XP/VISTA
5.     Support direct 7.0 and up
Keuntungan memodifikasi seperti ini adalah kabel bisa dipisah dengan Stick USB, sehingga lebih mudah dalam menyimpan, dan masalah akibat dari kabel putus akibat tergulung / tertekuk tidak sempurna dapat dihindari, serta kabel inipun jauh lebih kuat dibanding dengan kabel standart yang dipasang di stick USB.

Langkah Modifikasi
1.     Buka cover stick USB
2.    Perhatikan pangkal kabel USB, disitu anda akan melihat sebenarnya didalam kabel USB terdapat         4 buah kabel kecil berwarna hitam, hijau, merah dan putih, nahhhh.. salah satu kabel tersebutlah         yang mungkin putus dan menyebabkan koneksi kabel jadi terganggu.
3.     Potong kabel tersebut mendekati pangkal, sisakakan sedikit agar anda tidak melakukan kegiatan         penyolderan kabel, sehingga perbaikan dapat dilakukan dengan cepat, dan resiko kerusakan                 komponen akibat penyolderan dapat dihindari, namun jika anda merasa ahli dalam menyolder             silahkan potong kabel tersebut sampai habis.
4.    Potong bagian kepala konektor yang ditancapkan pada komputer, dan kabelnya WAJIB disisakan        sedikit untuk disolder atau sekedar dihubungkan dengan stick USB.
5.   Bila anda memilih untuk menghubungkannya saja, maka prosesnya akan lebih mudah, tinggal              menyambungkan saja masing - masing kabel warna tersebut, lalu stiap sambungan dibungkus              menggunakan isolasi, agar tidak terjadi kontak dengan sambungan yang lain.
6.    Usahakan posisi dari kepala konektor USB terapit dengan baik oleh cover.
7.    Pasang kembali bautnya.
8.   Sambungkan lagi dengan kabel pembantu yang lebih kuat, lalu ceck lagi dengan menggunakan 
      Game Controller Properties.



9.     Stick siap digunakan


Dan semenjak saya memodifikasi stick USB saya, tidak pernah terjadi masalah.

5 comments:

  1. gan mau tanya kalau kabelnya diganti yang lebih baik gimana tanpa harus pakai sambungan kan gak ribet cuma kabel utama pcnya yang kita buat panjang bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok gan, untuk cara yang ane pakai kan tujuannya biar stick ane bisa di rapihin tanpa harus gulung2 kabel, terus kabel extension USBnya juga masih bisa dipakai untuk keperluan lainnya ya gan. :)

      Delete
  2. Terima kasih banyak kebetulan stik ps milik saya mengalami kerusakan yang menyebabkan tidak bisa digunakan.

    Www.infourmasi.com

    ReplyDelete
  3. Kabelnya bisa diganti pake kabel charger android gak?

    ReplyDelete