Sunday, December 13, 2015

TIPS PENGGANTIAN OLI UNTUK SPEDA MOTOR YANG MEMILIKI FILTER OLI ( Yamaha YZF R15 )

Kali ini kita akan membahas tentang tips penggantian oli untuk speda motor yang miliki filter oli. Mungkin sudah banyak yang pada tau caranya, karena memang cukup gampang caranya, tetapi mungkin ada yang belum tau. Nah untuk yang belum tau mari dibahas di mari..

yzf r15penggantian oli yzf r15
Pertama, buka tutup oli bagian atas ( tutup yang ada level indikator level olinya )
Kedua , siapkan wadah penampungan untuk oli bekas, dan taruh di bawah baut drain oli
Ketiga, bukalah baut drain oli, dengan kunci ring 19 mm, hati – hati saat melepas baut, karena dibalik baut drain terdapat filter warmes dan pegas. Kemudian drain oli sampai habis. ( berhati – hatilah saat menggunakan compressor, karena kadang mekanik lupa untuk melakukan drain pada tabung compressor, sehingga menyebabkan udara kompressor menjadi basah, sehingga berakibat buruk bagi mesin.

drain oli yzf r15baut drain yzf r15

Keempat, bukalah filter oli yang ada disebelah tutup oli bagian atas, periksalah, apakah masih bisa dibersihkan dengan kompressor ataukah memang harus diganti. ( untuk penggantian rekomendasi dari pihak Yamaha adalah setiap 9.000 km ).

tutup filter oli yzf r15filter oli yzf r15

Kelima, bersihkan semua part yang kotor, seperti filter, rubber gasket, cover dan baut penutup oli, agar saat pemasangan tidak ada debu atau partikel padat yang menempel dipermukaannya, yang dapat menyebabkan kebocoran.
Keenam, pasang kembali baut drain yang letakkanya di bawah mesin, hati – hati saat memasang filter dan pegasnya, kare letak filter harus tepat berada dibawah lubang oil return, karena memang fungsinya untuk menyaring oli hasil sirkulasi dari mesin, sebelum kembali ke oil pit / oil catcher. Dan jangan sampai lupa posisi rubber gasket juga harus pas.

lubang drain yzf r15

Ketuju, memasang filter bagian atas, ini adalah filter utama dengan porositas yang sangat kecil, jadi selalu jaga kebersihannya, yakinkan posisinya terpat terpasang dengan baik.

filter oli yzf r15filter oli yzf r15

Kedelapan, masukkan oli baru kedalam mesin, volumenya 1 ltr. Kalau untuk kategori sport biasanya sintetic dan memiliki nilai 10w 40.

yamalube sport yzf r15

Kesembilan, nyalakan mesin dengan Rpm rendah, karena saat ini oli mesin berlum tersirkulasi seluruhnya, sehingga belum semua bagian terlindungi dari oli secara maksimal.

Kesepuluh, setelah sekitar 2 menit, motor siap dipakai.

0 comments:

Post a Comment