Sunday, March 13, 2016

Alternator

Alternator adalah alat pada sebuah mobil yang digunakan untuk merubah energy mekanik dari putaran  mesin menjadi energy listrik, memanfaatkan gerakan berputar elektro magnetic field (EMF) dari magnet permanent di rotor, dengan coil yang ada di dalam rotor itu sendiri, maupun yang ada di bagian stator.
Secara umum bagian alternator dapat kita lihat pada gambar sebagai berikut:


 alternator view


Ok,, bagian yang tersulit untuk difahami disini adalah:
1.       Rotor
Adalah bagian yang berputar pada alternator yang berputar, rotor ini sendiri terdiri dari kumparan lilitan tembaga ( coil ) yang ada didalam inti, dan diluar ada dua buah magnet berkutup utara dan selatan. Pada bagian stator nantinya akan ada output f dan e yang akan di hubungkan ke voltage regulator.
2.       Stator
Bagian dari alternator yang diam, bagian ini juga terdiri dari kumparan lilitan kawat tembaga (coil), bagian ini nantinya akan terinduksi oleh gerakan berputar dari electro magnetic field pada rotor.
3.       Brush wire
Adalah bidang kontak yang bersentuhan dengan kumparan lilitan hasil outpu dari rotor
4.       Diode penyearah
Adalah bagian yang berfungsi untuk menyearahkan ( menjadikan arus ac menjadi dc ) output dari kumparan coil pada stator.

Kalau bagian yang lainya sih gapang, bisa dinalar lah kegunaannya.

0 comments:

Post a Comment