Alternator adalah alat pada sebuah mobil yang digunakan
untuk merubah energy mekanik dari putaran mesin menjadi energy listrik, memanfaatkan gerakan
berputar elektro magnetic field (EMF) dari magnet permanent di rotor, dengan
coil yang ada di dalam rotor itu sendiri, maupun yang ada di bagian stator.
Secara umum bagian alternator dapat kita lihat pada gambar
sebagai berikut:
Ok,, bagian yang tersulit untuk difahami disini adalah:
1.
Rotor
Adalah bagian yang berputar pada alternator
yang berputar, rotor ini sendiri terdiri dari kumparan lilitan tembaga ( coil )
yang ada didalam inti, dan diluar ada dua buah magnet berkutup utara dan
selatan. Pada bagian stator nantinya akan ada output f dan e yang akan di
hubungkan ke voltage regulator.
2.
Stator
Bagian dari alternator yang diam, bagian
ini juga terdiri dari kumparan lilitan kawat tembaga (coil), bagian ini
nantinya akan terinduksi oleh gerakan berputar dari electro magnetic field pada
rotor.
3.
Brush wire
Adalah bidang kontak yang bersentuhan dengan
kumparan lilitan hasil outpu dari rotor
4.
Diode penyearah
Adalah bagian yang berfungsi untuk
menyearahkan ( menjadikan arus ac menjadi dc ) output dari kumparan coil pada
stator.
Kalau bagian yang lainya sih gapang, bisa dinalar lah
kegunaannya.
0 comments:
Post a Comment